Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gas Alam Terdapat di mana?

Sumber Gas Alam terdapat di mana saja, bisa di darat maupun di laut, yang jelas bukan di udara ya. Jadi sumber gas alam terdapat di beberapa daerah di Indonesia.

Gas Alam Terdapat di mana
LNG Tanker
Sumber : www.fnlngalliance.com
Sudah pernah mendengar kan mengenai eksplorasi minyak dan gas bumi di lepas pantai atau offshore dan juga di darat atau onshore?

Gas alam juga ada di daerah-daerah tersebut. Jadi, di dalam sumur terdapat hanya gas alam saja, atau campuran minyak dan gas alam, juga ada sumur yang hanya mengandung minyak bumi saja.

Jenis-jenis sumur tersebut akan dibahas di lain artikel ya.

Gas Alam Terdapat di Darat

Untuk mengetahui adanya gas alam di darat, diperlukan penelitian dari ahli-ahli geologi, ahli kimia dan tim peneliti lainnya sehingga didapatkan gambaran dan data-data cekungan yang mengandung gas alam.

Proses yang panjang itu memakan waktu hingga bertahun-tahun dan membutuhkan biaya yang besar.

Walaupun begitu kadang hasil pengeboran itu tidak selalu mendapatkan hasil yang bisa dikomersialkan (belum tentu untung).

Sebagai contoh sumur pengeboran di darat yang mengandung gas alam seperti di daerah Cepu.

Gas Alam di Laut

Sebagai negara dengan kondisi Geografis laut yang lebih besar daripada daratan, sumber gas alam di Indonesia juga terdapat di laut.

Salah satu contoh eksplorasi gas alam di laut adalah blok Pulau Kangean di Madura.

Sumur gas alam di sana juga banyak, dan juga perusahaan yang terlibat juga banyak, seperti Kangean Energi Indonesia, Santos dan lain sebagainya.

Untuk di blok Barat Madura juga ada pengelola / eksplorasi gas alam yaitu Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore yang mengelola sumur minyak dan gas sekaligus.

Dan masih banyak contoh-contoh sumur eksplorasi di laut lainnya yang menghasilkan gas alam.

Dikutip dari Kompas.com
Cadangan gas terbesar di Indonesia berada di Natuna, tepatnya berada di Blok East Natuna 49,87 TCF. Selanjutnya disusul Blok Masela di Maluku 16,73 TCF, dan Blok Indonesia Deepwater Development (IDD) di Selat Makassar 2,66 TCF.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Gas Alam Terdapat di mana saja yang ada di Indonesia. Belum lengkap memang namun semoga menjadi gambaran Anda dalam mengenal dan memahami gas alam yang ada di Indonesia.

Posting Komentar untuk "Gas Alam Terdapat di mana?"